cara merawat gigi anak
Anak merupakan aset terbesar dalam kehidupan, menjaga dan membesarkan mereka dengan penuh kasih sayang adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua. Namun terkadang masalah-masalah kecil muncul saat mereka masih dalam kondisi anak-anak, salah satunya adalah masalah pada gigi.

Setiap anak pastinya sangat senang menkonsumsi makanan yang manis-manis, tetapi terkadang sangat sulit sekali untuk mengajaknya menjaga kesehatan gigi. Butuh perhatian khusus dari orang tua untuk hal demikian, karena tentu saja para orang tua tidak akan pernah tega melihat anak kecilnya menderita kesakitan karena gigi yang rusak. Berikut beberapa tips untuk menjaga anak anda dari gigi rusak.

Hindari Minuman Manis yang Berlebihan

Siapapun mereka, yang jelas adalah anak kecil, mereka pasti sangat suka meminum minuman yang manis ketimbang air putih. Bahkan mereka pun lebih memilih susu yang manis dibanding dengan susu untuk anak-anak pada umumnya yang sama sekali tidak memiliki rasa. Hal ini wajar akan tetapi dapat merusak kesehatan gigi jika terus-terusan dilakukan tanpa adanya perawatan. Untuk itu, ada baiknya jika para orang tua membatasi minuman yang terbuat dari gula tambahan, sebisa mungkin cek label minuman susu yang anda beli, atau jauh lebih baik jika anak anda diberikan jus buah yang kaya akan gula alami.

Hindari Minum dengan Dot

Terkadang anak yang sudah lepas dari ASI diberikan dot sebagai gantinya, tapi tahukah anda bahwa hal ini dapat mengganggu kesehatan gigi sang anak? Ada baiknya jika para orang tua mengajarkan kepada sang anak untuk minum menggunakan gelas, untuk membuatnya lebih menarik minat anak-anak, gunakan gelas unik yang bergambar atau berbentuk hewan lucu.

Hentikan Kebiasaan Isap Jempol

Menghisap jempol merupakan kebiasaan yang sering ditemui pada anak-anak. Hal ini mungkin terlihat lucu tapi ternyata membawa dampak yang sangat buruk bagi kesehatan anak anda. Selain dapat merusak gigi, kebiasaan menghisap jempol juga dapat merubah struktur gigi dan membuat gigi tumbuh ke depan. Hal ini tentu saja sangat tidak baik bagi sang anak saat usia dewasa nanti.

Berikan Makanan dan Cemilan yang Sehat

Anak kecil tentu saja akan memakan apapun yang diberikan oleh orang tuanya, itu terjadi karena mereka yakin pada orang tua mereka bahwa mereka akan selalu diberikan yang terbaik. Oleh sebab itu, para orang tua sebaiknya tidak menyalahgunakan keyakinan anak dengan memberikannya makanan yang dapat merusak kesehatan gigi mereka. Berikanlah makanan yang tidak mengandung pemanis buatan dan kadar gulanya rendah. Jika sedang berbelanja kebutuhan makanan sang buah hati, ada baiknya memulai kebiasaan mengecek label makanan yang ingin dibeli sebelum membayarnya di kasir. Selain itu, awasi anak anda agar makanan yang dimakannya setelah dikunyah langsung ditelan, hindari membiarkan mereka menyimpan makanan terlalu lama di dalam mulut.

Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Ternyata bukan orang dewasa seja yang butuh giginya disikat, akan tetapi anak kecil juga, meskipun tidak mudah untuk membujuknya, harus menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Tapi sekali lagi kebiasaan ini hanya bisa diajarkan oleh para orang tua. Mulai lah biasakan anak anda untuk menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu sangat lembut dan pasta gigi khusus anak kecil. Sikat bagian dalam gigi si kecil hingga bagian belakang dengan lembut. Ingat juga untuk mengajari mereka untuk tidak menelan pasta gigi dan air untuk kumur-kumur

Konsultasi ke Dokter Gigi

Ada baiknya jika anda membawa buah hati anda ke dokter gigi sejak usia 1 tahun untuk mencegah timbulnya masalah-masalah pada gigi buah hati anda yang dapat merusak kebahagiaannya.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment